Minggu, 10 April 2011

Analisis Website Pemerintah Daerah Kota Mataram-Nusa Tenggara Barat (NTB) “http://mataramkota.go.id”

Mataram
Nusa Tenggara Barat (NTB)
“http://mataramkota.go.id”
Soal :
1. Dari content website tersebut jelaskan apakah sudah memenuhi kriteria sebagai pusat informasi yang layak, bagi publik & jelaskan pula apakah website tersebut sudah memiliki standar kelengkapan sebagai website berdasarkan acuan Blue print system aplikasi E-Gov?
2. Jelaskan pula sudah sampai tahap mana pengembangannya?
3. Jelaskan apakah website tersebut memiliki data-data yg akurat & terkini tentang kondisi & keadaan daerah tersebut?
Pembahasan
1. Dari content website di atas sudah memenuhi kriteria sebagai pusat informasi yang layak bagi publik dan website tersebut juga sudah memiliki standar kelengkapan sebagi website berdasarkan acuan blue print system.Maksud dari website tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai pusat informasi yang layak bagi publik karena di website Kota Mataram Nusa Tenggara Barat tersebut ada content tentang pengumuman yang di buat pemerintah daerah kota Mataram kepada seluruh masyarakat kota Mataram Nusa Tenggara Barat.Misalnya pengumuman mengenai pengumuman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kota Mataram.Masyarakat langsung bisa mendowload formulir dari website tersebut.Sehingga masyarakat semakin terbanyu dan mudah dalam informasi CPNS. Adapun contoh pengumumannya sebagai berikut
Pengumuman
Dalam rangka mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kota Mataram Tahun 2010 sebagaimana telah disetujui oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan surat Nomor B/2355/M.PAN-RB/10/2010 tanggal 15 Oktober 2010 perihal Persetujuan Rincian Tambahan Alokasi Formasi CPNS Daerah Tahun 2010, dan Keputusan Walikota Mataram Nomor : 810/121/BKD/2010, tanggal 29 Oktober 2010 tentang Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kota Mataram Tahun 2010 dari Pelamar Umum, maka Pemerintah Kota Mataram akan menerima CPNS dengan lowongan Jabatan dan kualifikasi pendidikan sebagai berikut (dapat di Download di link bawah Ini ):
Download File Pengumuman

Kemudian dalam website tersebut juga terdapat kontak yang langsung bisa di isi dengan mengisi data diri kemudian akan dikirim.adapun contoh format kontak sebagai berikut

Form Pengisian Kontak Masyarakat

Anda bisa menghubungi kami melalui formulir yang disediakan di bawah ini. Semuapesan yang Anda tulis disini dikirim ke email kami, dan Anda Bisa Langsung ke Sekretariat Pemerintah Kota Mataram dengan alamat:
Jl. Pejanggik No.16 Mataram Telepon (0370)625110

Terimakasih.
Nama Lengkap Anda :

Alamat Lengkap Anda :

Nomor Hp/Telepon Anda :

Alamat Email Anda :

Pesan Anda :

Kode Pengaman :
Tulis Code di atas :





Selanjutnya ada lagi yang namanya webmail kota Mataram Nusa Tenggara Barat.Caranya cukup dengan masukkan password dan e mail kemudian login.
Dan lain-lain yang ada hubungannya dengan kepentingan masyarakat oleh pemerintah setempat maupun sebaliknya pemerintah kepada masyarakat.Website tersebut sudah memiliki standar kelengkapan sebagai website berdasarkan acuan Blue print system aplikasi E-Gov dapat di lihat dari gambar website utama yang cukup menarik yang menandakan kota Mataram NusaTenggara Barat.
Dalam web tersebut maka akan tampil Home,Penghargaan,Pengumuman,Potensi Daerah,Produk Hukum,Mail,Agenda,dan Kontak.Di Web tersebut terdapat Propil Kepala Daerah,Terdiri dari Wali Kota,Wakil,dan Sekda Kota Mataram.Di bawahnya lagi akan ada Informasi Kota Mataram yang terdiri atas Sejarah kota Mataram,Visi dan Misi,Lambang Derah dan Geografi Kota Mataram.Di bawahnya terdapat tentang pariwisata kota Mataram yang terdiri dari Wilayah Kota Mataram,Wilayah Cakranegara,dan Wilayah Ampenan.Dan beserta daftar Hotelnya.Kemudian ada lagi yang namanya sarana dan prasarana mengenai angkutan darat dan udara.Selanjutnya ada lagi yang namanya layanan publik seperti layanan Pendidikan dan Kesehatan.Lalu di bawah Agenda ada poling mengenai layanan publik on line sistem.Untuk d vote oleh pengunjung website.Lalu di Bawahnya terdapat kalender.Lalu ada lagi yang namanya random links,Link Cepat,Mataram dalam angka,dan PDRB kota Mataram,dan lain sebagainya.
2 Tahap pengembangannya sudah sampai Interactive,di mana terdapat pada level kedua yaitu Interaksi.Dimana website yang dianalisis semuanya masih dalam level interaksi.Adapun fasilitas interaksi yang disediakan antara lain,buku tamu,forum,chating,link kontak,dan polling.
Buku tamu itupun hanya menampilkan keluhan masyarakat tanpa ada respon dari pejabat atau staf birokrasi teerkait ataupun dari admin website.Bahkan ada buku tamu yang hanya ditijikan kepada admin hanya bersifat interaksi satu arah.Hampir semua website sangat lambat dalam menanggapi komentar pengunjung,bahkan banyak yang belum ada jawaban.
Kemudian untuk forum diskusi juga masih banyak yang kosong tidak ada aktivitas,beberapa website baru membuat topik diskusi namun sama sekali tidak ada aktivitas.Chatting sebagian besar hanya untuk chat antar user,bukan chat dengan pejabat atau staf birokrasi terkait berkaitan dengan pelayanan publik.Sedangkan yang menyediakan sarana chat dengan pejabat atau aparat ada pada website Kota Mataram,namun ketika dicoba untuk dikontak tidak terdapat jawaban secara instan.
Polling belum dapat dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi masyarakat terhadap isu daerah yang bersangkutan sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan pemerintah daerah,Tindak lanjut dari polling juga tidak diinformasikan kepada publik.Banyak pula polling diadakan hanya untuk menggali aspirasi tentang tampilan website,yang tentunya ditunjukkan untuk admin website bukan untuk peningkatan pelayanan publik.
3 Website tersebut memiliki data-data yg akurat & terkini tentang kondisi & keadaan daerah Kota Mataram seperti
CAR FREE DAY” AKAN SEMAKIN MERIAH!!
Kamis, 10 Maret 2011 12:14:45 - oleh : humas

Salah satu upaya mengurangi polusi udara dan menumbuhkan kelestarian lingkungan yang asri, bersih dan sehat, khususnya di Kota Mataram, Pemerintah Kota Mataram telah mencanangkan ”Car Free Day” yang diresmikan oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pada 6 Februari 2011 lalu.
Selama ini, Pemerintah Kota telah mengerahkan para pelajar, pegawai lingkup Pemerintah Kota Mataram dan aparat terkait/ Polresta Mataram dan dengan promosi mengajak warga Mataram untuk menghadiri kegiatan Car Free Day ini dan untuk menjaga eksistensi Kegiatan Car Free Day agar dapat berlangsung dengan marak, diperlukan adanya peran serta pihak ketiga baik pihak swasta maupun masyarakat umum untuk ikut aktif berperan mengisi acara kegiatan hiburan, olahraga dan promosi berbagai produk dan lain lain.
Berbagai macam rencana kegiatan telah disusun Pemerintah Kota Mataram seperti Seni Musik/Band, Drum Band, Senam SKJ, Skate Board/Sepatu Roda, wisata kuliner, permainan anak-anak dan lain lain. ”Rencana kegiatan tersebut tidak mungkin semuanya dibebankan kepada Pemkot, karena dana yang dimiliki oleh Pemkot Mataram terbatas. Disinilah peran serta pihak swasta diharapkan dapat berpartisipasi unuk mengisi kegiatan tersebut disamping juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk – produk mereka (pihak swasta).” ungkap Drs. H. Herry Kusnandar sebagai Ketua Pelaksana Car Free Day Kota Mataram,
Untuk itu, Pemkot membuka pintu lebar-lebar pada siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi mengisi kegiatan Car Free Day di Kota Mataram, terutama bagi mereka yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. ”Saya rasa semua pihak akan diuntungkan dengan adanya program ini, dan surat pemberitahuan untuk pihak sponsor tinggal menunggu surat resmi dari Tim Pelaksana Car Free Day.” lanjutnya. Bagi pihak-pihak yang ingin memberikan apresiasi pada acara ini dapat menghubungi Tim Pelaksana Car Free Day dengan contact person : 0818544846 (Bapak Heri Kusnandar) / 08175701219 (Bapak Fauzi). (pun/humas)
Sumber : Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mataram
Tidak informasi seperti itu objek wisata yang menjadi unggulan kota Mataram juga selalu ditampilkan untuk menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara mau datang langsung ke Mataram atau bisa melihat di website tersebut.Adapun objek wisata andalan Kota Mataram seperti
KOTA MATARAM
Kota Mataram merupakan ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat, sekaligus ibukota Pemerintah Kota Mataram yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu kecamatan Ampenan, kecamatan Mataram dan kecamatan Cakranegara, serta memiliki 23 kelurahan dengan luas wilayah 6,130 ha, jumlah penduduk 303,441 jiwa (berdasarkan sensus penduduk tahun 1999).


Sarana transportsi yang tersedia di kota Mataram berupa transportasi darat, Laut dan udara. Berkeliling kota dapat di lakukan dengan menggunakan berbagai macam kendaraan misalnya : kendaraan umum ataupun kendaraan tradisional. Kendaraan umum seperti bemo di gunakan untuk berkeliling kota sedangkan kendaraan tradisional yang di sebut cidomo digunakan untuk perjalanan jarak dekat. Para Wisatawan yang akan mengunjungi kota Martaram dapat dilakukan dengan transportasi laut melalui Pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat sebelah Barat Laut Kota Mataram. Pelabuhan Lembar menghubungkan Pulau Bali dan Lombok.
Para Wisatawan yang mengunjungi Mataram dapat mempergunakan Ferry biasa yang melakukan penyebrangan satu kali sehari. Untuk mencapai Kota Mataram dapat menggunakan Transportasi Umum yang tersedia di Terminal Mandalika Bertais.

Kota Mataram memiliki pelabuhan udara yaitu : Bandara Selaparang , yang mampu didarati oleh pesawat - pesawat besar seperti : Fokker 28 dan Boing 737 . Penerbagan dalam negeri dilayani oleh berbagai persuhaan penerbangan seperti Garuda Indonesia Airwys, Merpati Nusantara Lion Air, dan GT Air

SENTRA KERAJINAN RUNGKANG

Runngkang terletak di kelurahan Sayang - sayang , kecamatan Cakranegara , sekitar 4,5 km dari kota Mataram. Tempat ini merupakan pusat kerajinan tradisional yang mempunyai beberapa showroom yang di tampung melalui Koprasi " Pade Angen " Koprasi ini mengkoordinir para pengerajin yang ada disekitarnya. Adapun barang - barang yang di pasarkan seperti peti antik, ketak, patung , gerabah, dan produk - produk lain yang terbuat dari kayu, tulang dan tanduk.

SINDU DAN SAKSARI

Sindu dan Saksari terletak di Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara , sekitar 3 km kerajinan tangan yang menggunakan kayu, tunduk dan tulang untuk membuat barang - barang cindramata seperti tongkat berukir, Lampu antik, topeng, gagang dan sarung keris, gantungan kunci dll.

OBJEK WISATA DI SEKITAR CAKRANEGARA:

PURA MAYURA
Mayura yang berarti Burung Merak dalam bahasa Sansekerta, adalah nama sebuah taman berlokasi di Cakranegara, dibangun oleh A.A. Made Karangasem pada tahun 1744 dengan nama Taman Kelepug yang diambil dari suara kelepug-kelepug air akibat deras- nya mata air yang ada di telaga dalam taman tersebut. Pada tahun 1866 taman ini direnovasi oleh Raja Mataram A.A. Ngurah Karangasem dan diganti nama menjadi taman Mayura. Konon di taman ini banyak terdapat burung merak yang memangsa ular yang banyak terdapat di taman tersebut. Ditengah-tengah taman terdapat sebuah bangunan terapung yaitu Bale Kambang yang dipakai untuk mengadili suatu perkara pada jaman penjajahan Belanda.



PURA MERU
PURA MERU sebuah karya besar dan mengagumkan dari orang Bali, terletak berseberangan dengan Taman Mayura dan dibangun bersamaan pada tahun yang sama (1720), letak Pura ini di tengah kota Cakranegara, mudah dijangkau, banyak kendaraan umum dan dekat dengan hotel, baik hotel berbintang maupun hotel-hotel Melati. Pura Meru, terletak di tengah Kota Cakranegara dibangun pada tahun 1720 di bawah pangawasan Anak Agung Gde Karang Asem salah satu Raja Karang Asem yang dapat menguasai sebagian Wilayah Pulau Lombok, berkuasa pada tahun 1740 -1894. Pura ini merupakan Pura besar di P. Lombok dan salah satu Pura yang sangat menarik dan Indah, Pura Meru dibangun dengan maksud untuk tempat bersembahyang umat Hindu di Lombok, Pura Meru terdiri tiga halaman yang luas mebentang dari arah barat ke timur, halaman paling barat terdapat Rumah "Kulkul" atau Kentongan, halaman tengah terdapat dua buah bangunan besar yang beundak-undak (tangga), bangunan ini digunakan untuk tempat menyusun sesaji untuk Upacara dan Sembahyangan sedangkan halaman paling timur terdapat bangunan tiga buah menara menjulang tinggi yang terdiri dari susunan atap yang khas dan unik, sebelas susun atap pada menara tengah, dan sembilan susun pada menara kiri dan kanan, merupakan simbol dari Dewa Shiwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma. Untuk menuju lokasi Pura Meru sangat mudah, karena terletak ditengah-tengah kota dan banyak kendaraan umum yang melaluinya. Selain Taxi, kendaraan umum yang dapat dipergunakan adalah ANGKOT (bemo) angkutan rakyat yang banyak beroperasi di jalan, dengan tarif relatif murah dan kendaraan tradisional CIDOMO, atau kereta kuda. Jarak tempuh dari Pelabuhan Lembar ± 20 km, sedangkan dari Pelabuhan Udara SElaparang ± 5 km.
WISATA KOTA AMPENAN
Ampenan adalah sebuah kecamatan di Kota Mataram,Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Daerah ini dahulunya merupakan pusat kota Lombok. Di sebelahbarat berbatasan dengan Selat Lombok (laut yang menghubungkan Pulau Lombok dengan Pulau Bali). Di kecamatanini terdapat peninggalan kota tua karena dahulunya merupakan pelabuhan utama daerah Lombok.
Terdapat banyak kampung yang merupakan perwujudan dari berbagai suku bangsa di Indonesia di antaranya Kampung Bugis, Kampung Melayu, Kampung Jawa, Kampung Arab, Kampung Bali dll, sehingga masyarakat yang ada di sini bersifat heterogen dan rukun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar